Jumat, 26 Oktober 2018

Menikmati Kesejukan Alam dan Indahnya Taman Bunga di Coban Rais Batu

Wisata alam di Kota Batu seakan tiada habisnya untuk dinikmati. Setelah menjelajah keindahan Coban Talum Indian Camp, ada lagi wanawisata keren yang bisa kamu datangi. Yaps, kamu bisa menjajal kesegaran udara dan keindahan taman bunga di Coban Rais. Objek wisata yang satu ini semula sepi pengunjung, namun setelah dipoles di sana sini sekarang Coban Rais tak kalah ramai dibanding tempat wisata lainnya di Batu.

Hal ini terjadi karena di salah satu area di bukit bulu didirikan sebuah taman bunga yang indah, lengkap dengan beberapa spot menarik untuk berfoto selfie. Inilah yang menarik para wisatawan, sebab sekarang ini bukan cuma tempat yang indah yang dituju. Asal bisa menghasilkan foto yang instagramable, sebuah tempat wisata bisa melonjak jumlah pengunjungnya. Secara kalau tempatnya cakep, gak perlu promosi gencar, tempat-tempat wisata ini bisa dipromosilan gratis oleh para wisatawan sendiri.

Apa Saja yang Bisa Ditemukan di Coban Rais?

via: @malangchannel

Setelah melewati jalan masuk ke Coban Rais sekitar 1 km, kamu akan sampai di Batu Flower Garden di Bukit Bulu. Di sini, kamu bisa memanjakan mata dengan menikmati keindahan taman bunga yang dirancang khusus untuk para pengunjung yang ingin berdantai sambil foto-foto. Selain taman bunga, di sini juga tersedia berbagai macam spot menarik untuk berfoto selfie.

Salah satunya yang paling menarik adalah ayunan ekstrim. Saat kamu menaiki ayunan ekstrim ini, kamu bagaikan menaiki ayunan di jurang, sehingga menghasilkan foto yang ekstrim. Ada lagi spot sepeda udara, dimana kamu bisa menaiki sepeda yang berada di atas seutas tali. Hiyyy, serem deh. Lebih tepatnya, spot ini seakan menantang nyali pengunjung untuk berpose di atas sepeda yang diletakakn di atas ketinggian. Namun, tempat foto ini tentu saja aman bagi pengunjung. Pengelola sudah mempertimbangkan keamanan dan keselamatan pengunjung dengan selalu memasang sabuk pengaman.

Spot lain yang menarik adalah spot I Love You dan Hammock Tower. Tinggal pilih, mana yang kamu suka. Oh ya, untuk memasuki Batu Flower Garden, kamu akan dikenakan tiket tambahan ya. Untuk berfoto di spot-spot yang telah disebutkan tadi juga ada biaya tambahannya. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan, spot mana yang ingin kamu jadikan latar untum berfoto. Jika tidak, kamu bisa lanjut ke area air terjun Coban Rais yang jaraknya 2 km dari Bukit Bulu.

Untuk melanjutkan perjalanan ke area air terjun, kamu harus mempersiapkan fisik dan perlengkapan yang memadai. Sebab, jarak dan rute perjalanannya cukup ekstrim. Jangan coba-coba ke sana tanpa bekal yang cukup ya. Pakailah sepatu yang nyaman dan kuat, jaket, bawa makanan dan minuman yang cukup untuk mengganjal perut, obat-obatan pribadi dan juga stamina yang kuat. Banyak wisatawan yang modal nekat saja menjelajah rute menuju air terjun Coban Rais tanpa mempertimbangkan kekuatan fisik dan bekal yang cukup. Akibatnya, mereka bisa tersesat atau kelelahan.

Jika sudah sampai di air terjun, kamu bisa menikmati air terjun setinggi 75 meter yang sejuk dan hawanya lumayan dingin. Segarnya air terjun bikin kamu betah berlamaclama di tempat ini untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Tiket masuk di gerbang awal Coban Rais tergolong murah, hanya 10.000. Namun, tambahan biayanya yang cukup banyak. Untuk masuk Batu Flower Garden, tiket masuknya 25.000. Tiket ini masih dikenakan lagi biaya tambahan jika kamu membawa kamera action (10rb), kamera DSLR (15rb) atau drone (75rb). Jika kamu berfoto di spot-spot khusus, kamu akan dikenakan biaya tambahan antara 10rb hingga 15rb.

Dengan banyaknya biaya tambahan, fasilitas di tempat wisata ini juga terus mengalami perbaikan, seperti jalanan yang sudah dipaving, cafe, mushola, toilet dan tempat parkir. Cukup sesuai, lah, jadi kamu bisa lebih nyaman meniknati liburan di tempat ini.

Nah, tunggu apa lagi? Segera ajak teman-temanmu untuk menjelajah indahnya Coban Rais dan Batu Flower Garden. Selamat Berlibur!